Senin, 27 April 2015

Tanggung Jawab

Kata “Tanggung jawab” mungkin sering terdengar di telinga kita dalam kehidupan sehari–hari, tapi taukah makna dari kata tanggung jawab tersebut? Agar kedepannya kita tidak salah kaprah mengenai makna dari kata tanggung jawab ada baiknya kita mengenal arti kata tanggung jawab terlebih dahulu. Menurut saya arti kata tanggung jawab ialah berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban yang dimiliki, misalnya sebagai makhluk yang beriman kepada Tuhan saya diwajibkan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, contohnya seperti shalat 5 waktu.
Contoh lain dari “tanggung jawab” yang pernah saya lakukan seperti ketika saya mengendarai motor karena kurangnya hati-hati dan konsentrasi saya tidak sengaja menabrak seorang remaja yang mengakibatkan remaja tersebut luka ringan, karena saya bersalah dan merasa bertanggung jawab akan keselamatan remaja tersebut akhirnya saya membawanya ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan.
Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja atau keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menangggung, memikul, menanggung segala sesuatunya, dan menanggung akibatnya.
Terdapat banyak bentuk tanggung jawab yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga. Tanggung jawab terhadap diri sendiri yaitu menuntut kesadaran untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia yang baik dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Dalam hal ini saya sebagai seorang anak yang sedang menuntut ilmu diperguruan tinggi. Hal ini mewajibkan saya untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi yang akan bermanfaat bagi saya di masa depan sebagai rasa tanggung jawab saya terhadap kedua orang tua yang bersedia menyekolahkan saya hingga ke perguruan tinggi ini, kemudian menyelesaikan studi perkuliahan saya dengan nilai yang baik dan dapat membanggakan kedua orang tua.
Tak lupa pula rasa tanggung jawab saya terhadap Tuhan yang saya aplikasikan dalam kehidupan yang saya jalani. Rasa tanggung jawab ini sangat penting karena sebagai makhluk yang beriman terhadap Tuhan yang mana diwajibkan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya sehingga saya bertanggung jawab atas setiap hal, tindakan ataupun perbuatan baik maupun tidak yang saya lakukan, karena meskipun orang-orang disekitar saya tidak mengetahui apa yang telah saya lakukan tetapi Tuhan selalu melihat semuanya.
Oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari saya harus bertanggung jawab dengan apa yang saya buat dan apa yang saya terima untuk itulah diperlukan pandangan hidup dan keadilan mendapatkan hak asasi agar dapat terus menjalankan tanggung jawab tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar