Senin, 27 April 2015

Prinsip Berpegang Teguh

Dalam kehidupan sering terdapat kebimbangan akan sesuatu yang dilakukan, dilalui ataupun dijalani sehingga prinsip berpegang teguh sangat penting untuk dimiliki. Apa itu prinsip berpegang teguh ? Prinsip berpegang teguh merupakan keyakinan yang didasari terhadap nilai-nilai yang dipercayai dan mempertahankan keyakinan tersebut.
          Dalam tulisan ini saya mencoba menceritakan kejadian dari pengalaman pribadi yang pernah saya lakukan mengenai prinsip berpegang teguh.
          Ketika memasuki jenjang setelah sekolah dasar (SD) dan memasuki masa sekolah menengah pertama (SMP) dimana pertumbuhan tubuh saya mulai bertambah dan pada saat itu saya telah bisa menopang berat sebuah motor dengan tubuh saya. Kemudian saya memutuskan untuk belajar mengendarai motor. Selama seminggu atau lebih saya rutin setiap hari libur belajar mengendarai motor yang mana diajarkan oleh ayah saya. Setelah kurang lebih dua minggu dalam tahap pembelajaran dan saya merasa telah bisa mengendarai motor seorang diri kemudian saya memberanikan diri untuk mengendarai motor seorang diri.
          Awalnya semua berjalan lancar tanpa ada masalah, kemudian saat dimana terdapat sebuah tikungan yang cukup tajam dengan jalanan yang terdapat pasir berserakan dan disekitar tikungan itu terdapat pula keramaian orang, saya pun sedikit grogi dan kemudian karena jalanan yang licin oleh pasir yang berserakan saya pun terjatuh dari motor karena hilangnya keseimbangan. Pada saat itu diantara keramaian, ada orang yang kaget adapun yang menertawai dan mengejek (yang mengejek sebagian besar remaja yang seumuran dengan saya) kalau saya tidak bisa mengendarai motor dan ejekan-ejekan lain sebagainya.
          Tapi saya tidak memperdulikan apa yang mereka katakan dan apa yang mereka pikirkan tentang saya, setelah berbenah saya tetap melanjutkan untuk mengendarai motor itu karena saya percaya, yakin dan keinginan saya akan bisa dan lancar mengendarai motor lebih besar dari pada rasa malu ataupun minder saya atas kejadian tersebut. Akhirnya semakin hari semakin saya terus belajar mengendarai motor saya pun semakin lancar. Andaikan waktu itu saya memperdulikan ejekan teman saya dan larut dalam rasa malu itu, mungkin saya tidak akan pernah bisa mengendarai motor hingga saat ini.
          Beberapa prinsip yang harus saya miliki dalam kehidupan ini seperti prinsip saya sebagai seorang yang beragama saya harus berpegang teguh terhadap apa yang dijarkan dalam agama saya agama Islam yaitu berpegang teguh pada Al-qur’an dan sunah. Kemudian prinsip saya menjadi seorang anak yang harus membahagiakan orang tua, dan prinsip saya sebagai seorang mahasiswa yang harus menyelesaikan studi perguruan tinggi tepat waktu dan mendapat nilai yang baik.
Prinsip berpegang teguh sangat penting dimiliki oleh pribadi seseorang jika ingin menggapai sesuatu dan terhindar dari berbagai macam godaan yang ada sehingga senantiasa tetap menjalani apa yang telah diyakini.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar