Jumat, 28 Juni 2013

perkembangan teknologi pada website

Seiring dengan berjalannya waktu, dalam teknologi website pun terdapat banyak perkembangan dimana telah ditemukan atau dibuat fitur-fitur yang lebih modern dan berkembang dari yang sebelum-sebelumnya. Perkembangan web ini diantaranya berupa HTML5 dan CSS3.

A. HTML5

HTML5 adalah versi terbaru dariHTML yang dibuat oleh World Wide Web Consortium (W3C). Konsep pertamanya sudah dipublikasikan pada tahun 2008, tetapi tidak banyak yang menggunakannya hingga tahun 2011. HTML5 dapat bekerja dengan CSS3 dan masih dalam tahap pengembangan. Sejak peluncurannya, HTML5 selalu mengalami pengembangan, W3c terus menambahkan dan mengembangkan fitur-fitur pada HTML5 dan berencana meluncurkan versi stable-nya ditahun 2014.

HTML5 adalah suksesor dari HTML 4.01 yang diterbitkan pertama kali tahun 1999. Sejak saat itu, internet telah berubah secara signifikan dan kelahiran HTML5 terlihat sangat diharapkan. HTML5 dibuat untuk membuat proses coding menjadi lebih mudah dan logis. Fitur-fitur unik dan mengesankan dari HTML5 datang di dalam departemen multimedia. Banyak dari fiturnya yang dibuat dengan pertimbangan bahwa pengguna harus dapat menjalankan konten berat (heavy content) dalam device dengan tenaga rendah (low-powered device).

Pada HTML5 terdapat fitur elemen video, audio dan canvas, tetapi juga integrasi dari konten gambar grafis vektor . Artinya konten multimedia dan grafis dalam website akan dapat ditangani dan dieksekusi dengan lebih mudah dan lebih cepat, tanpa membutuhkan plugin.

B. CSS3

CSS (Cascading Style Sheet) adalah kumpulan kode-kode yang saling berkaitan untuk mengatur format atau tampilan tata letak suatu halaman web. CSS3 merupakan generasi ketiga dari versi CSS sebelumnya. Dalam dunia desain web, mengatur layout (letak web), format huruf, dll menjadi bagian paling pentig dan CSS dapat melakukan itu.

Kelebihan CSS3 dengan versi sebelumnya:
  • Mengatur dan mempercantik interface website.
  • Dengan CSS3, situs website dapat berkembang dan lebih baik interaktif lagi.
  • Bisa mengurangi ukuran file yang akan di-load dan lebih ringan.
  • Lebih mudah dan simple serta dapat menghindari penggunaan tag yang berulang-ulang.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar