Jumat, 28 Juni 2013

Website

Pada postingan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Web. Apakah itu Web? Mungkin saat ini masih banyak pengguna website tapi tidak mengetahui apa itu yang dikatakan web. Nah oleh karena itu marilah kita bersama-sama mengulas apa itu yang disebut dengan web.
 

Sejarah Web

 Web dapat dikatakan sebagai sebuah database jaringan komputer diseluruh dunia yang menggunakan sebuah arsitektur pengambilan informasi yang umum. Secara konsep web merupakan sebuah client atau server manajemen database.

Web yang bisa kita gunakan saat ini berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:
  1. Antarmuka yang konsisten untuk semua platform.
  2. Akses informasi yang universal.
  3. Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai  jenis dokumen dan protokol.
Beberapa Website populer
Perkembangan selanjutnya dari konsep Berners-Lee ini melahirkan sebuah web browser grafis yang pertamayang dinamakan Mosaic. Dokumen web harus ditulis dalam Hypertext Markup Language (HTML), yaitu suatu format khusus yang memungkinkan hypertext saling terjalin untuk bekerja.
Pada saat ini banyak website yang dapat di akses oleh pengguna internet. Berikut ini merupakan beberapa situs web yang populer di dunia internet saat ini:
a.    Facebook.com
Situs yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini adalah situs jejaring sosial terbesar dengan pengguna lebih dari satu miliar pengguna terdaftar.
b.    Google.com
Google adalah web mesin pencari, dikenal sebagai 'raksasa pencarian' di dunia. Google memasuki pasar mesin pencari di akhir 1990-an.


Itulah beberapa situs web terpopuler saat ini dan masih banyak website populer lainnya.
Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah pengetahuan anda sekalin.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar