Rabu, 04 Januari 2012

E-Banking



Dewasa ini hampir seluruh orang menginginkan setiap hal yang mereka lakukan atau yang mereka inginkan didapatkan dengan cepat. Sesuai dengan perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, yang memudahkan manusia mendapatkan apa yang mereka inginkan melalui internet. Salah satu contoh pengaplikasian perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi tersebut ialah E-banking.

E-banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web atau dengan kata lain e-banking adalah aktifitas perbankan di internet. Dengan Electronic Banking, kita tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun dengan mudah dan praktis melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon.   
Bagi yang telah memiliki rekening tabungan atau giro pada suatu bank tertentu yang memiliki layanan E-banking, kita dapat mengajukan layanan E-Banking pada bank tersebut, yang meliputi internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking. Untuk dapat menggunakan e-banking, seorang nasabah akan dibekali dengan login dan kode akses ke situs web dimana terdapat fasilitas e-banking milik bank bersangkutan. Selanjutnya, nasabah dapat melakukan login dan dapat melakukan aktifitas perbankan melalui situs web bank bersangkutan.
Contoh dari layanan e-banking adalah transfer dana antar rekening maupun antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa isi ulang, ataupun pengecekan mutasi dan saldo rekening.
Berikut adalah keuntungan menggunakan layanan e-banking yaitu:
1. Dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.
2. Aman, Electronic Banking dilengkapi dengan security user ID dan PIN untuk menjamin     keamanan atas transaksi yang Anda lakukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar